Connect with us

Ragam

Jamu Pangdam, Pj Bupati Malteng Minta Dukungan TNI Kembalikan Warga Kariu

Published

on

MASOHI, DM. COM,-Pangdam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Ruruh. A. Setyawibawa, SE. MM, melakukan kunjungan kerja di Kota Masohi, Senin (10/10/2022). Kehadiran orang pertama di tubuh TNI didaerah ini disambut hangat Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah, DR Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech bersama jajaranya.

Bertempat di Baileu Soekarno, Pangdam dan ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah XVI/Pattimura Ny. Indah Ruruh. A. Setyawibawa bersama jajaran di jamu makan malam.

Marasabessy yang juga Kadis PUPR Provinsi Maluku ini mengatakan, dirinya baru dilantik 12 September 2022 lalu oleh Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, SH.MH atas nama Menteri Dalam Negeri.”Artinya, belum genap 1 bulan saya mengemban tugas mulia yang dipercayakan ini. Namun berkat komunikasi, koordinasi dan kolaborasi yang dilakukan secara intensif dengan berbagai pihak salah satunya kemitraan dengan jajaranTNI, telah menunjukan banyak terobosan inovatif yang dilakukan dan dihasilkan,”kata Marasabessy.

Untuk itu, koordinator Balai-Balai Kementerian PUPR di Provinsi Maluku itu mengapresiasi kerjasama yang sudah terbangun antara pemerintah kabupaten Maluku Tengah dengan Kodim 1502 yang telah dilakukan beberapa waktu lalu melalui penandatanganan nota kesepahaman. “Kerjasama ini dapat terjalin dengan baik berkat arahan dan petunjuk Bapak Pangdam,”sebutnya.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Orwil Maluku ini menerangkan, dirinya telah melaunching “Gerakan Sapa Umat.” “Pada saat giat Karya Bakhti TNI beberapa waktu lalu program ini sudah dilakukan dan saya berharap peran aktif TNI untuk terus membumikan Gerakan Sapa Umat,”harapnya.

Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Pattimura ini mengaku, percepatan pembangunan di Maluku Tengah hanya akan sukses dan berhasil jika semua pihak dapat bekerjasama dengan baik dan terlibat secara aktif dalam mendukung program pemerintah daerah. “Karena itu dalam suasana santai dan penuh kekeluargaan ini, saya berharap Bapak Pangdam dapat memberikan atensi dan mengarahkan personil TNI terutama yang ada di wilayah teretorial Maluku Tengah untuk mendukung tugas saya dalam membangun daerah ini,”imbuhnya.

Khusus masalah Kariu dan Pelau, kata mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku ini, menjadi perhatian serius dirinya dan berharap akhir medio Desember 2022, masyarakat Kariu sudah dapat kembali ke Negerinya. “Berkenan dengan itu, saya minta dukungan Bapak Pangdam agar personil TNI dapat menjaga keamanan di wilayah tersebut, termasuk wilayah lainnya di daerah ini yang memiliki potensi kerawanan,”terangnya.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Maluku ini
Jika berkenan saya juga meminta agar dapat diadakan satuan setingkat Kompi di Pulau Haruku. “Kami akan mendukung dan berkolabarasi bersama Bapak Pangdam dan jajaran guna mewujudkan hal dimaksud,”jelasnya.

Selain itu, Marasabessy akrab di sapa Pak Matt menyebut, dirinya mendapat laporan, Pabgdam beserta ibu sangat menikmati indahnya Negeri Pamahanunusa dan tentunya harapannya disetiap momentum tugas kedinasan kedepan, Pangdam akan membantu mempromosikan daerah ini ke berbagai pihak.

“Saya percaya dan optimis bahwa melalui jamuan kasih ini, relasi dan kerjasama pemerintah daerah dan TNI Kodam XVI/Pattimura akan semakin produktif. Akhirnya saya menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Bapak Pangdam dan Ibu Indah, disertai doa semoga Bapak Pangdam, Ibu dan keluarga tetap dalam lindungan Allah SAW untuk terus mengabdi dan berkarya bagi masyarakat, bangsa dan Negara.
 DIRGAHAYU TNI ke-77, TNI adalah Kita, Jayalah TNI,”pungkasnya.
 
Hadir pada kesempatan itu, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Daerah XVI/Pattimura Ny. Indah Ruruh. A. Setyawibawa, FORKOPINDA Kabupaten Maluku Tengah, Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Tengah, Ketua Tim Penggerak PKK Ibu Bella Marasabessy, Pejabat Utama KODAM XVI Pattimura, Pimpinan OPD, dan sejumlah tamu dan undangan lainya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *