Connect with us

Pendidikan

FH Unpatti Gelar Dies Natalis, Rektor : Saatnya Berkiprah di Kancah Internasional

Published

on

AMBON,DM.COM,-Fakultas Hukum (FH) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, menggelar Dies Natalis ke-67.
Dies Natalis dipusatkan di Fakultas hukum Unpatti, Selasa (3/10/2023).

Hadir pada kesempatan itu, Rektor Unpatti Ambon, Prof Dr M.J Sapteno, SH, M.Hum, Wakil Rektor, Ketua Senat Unpatti, Prof Dr S.E.M Nirahua, SH, M.Hum, Dekan Fakultas Hukum, Dr R. J Akyuwem, Ketua Senat Fakultas Hukum, Dr A.D Bakarbessy, para Guru Besar Fakultas Hukum, para ketua dan sekretaris bagian Fakultas Hukum, mantan Dekan Fakultas Hukum Unpatti, para senior, para alumni Fakuktas Hukum, civitas akademika Fakuktas Hukum Unpatti, mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti, dan sejumlah tamu undangan lainya.

Rektor dalam sambutanya berharap, Fakultas Hukum Unpatti Ambon, mengutamaka sumber daya manusia dan melakukan inovasi serta kreativitas agar memajukan fakultas yang menghasilkan para sarjana hukum itu. “Saya berharap sumber daya manusia dan inovasi dan kreativitas, mesti diperhatikan dan digalakan agar memajukan fakultas ini lebih unggul,”harap Rektor.

Rektor menjelaskan, jika peningkatan sumber daya manusia bagi tenaga pendidik akan bermuara pada kualitas pendidikan di fakuktas itu. Begitu juga kalau ada inovasi dan kreativitas, dapat berinprovisasi agar memajukan dunia pendidikan di Fakultas Hukum Unpatti.

Tak hanya itu, Rektor berharap, ada kerjasama yang dibangun antar perguruan tinggi baik itu ditingkat nasional maupun internasional. “Kerjasama juga mesti diperhatikan dengan baik. Ini agar ada output dan outcome. Ini agar kita mampu berbicara di kancah internasional. Makanya, saya mengigatkan para dosen fasih bahasa Inggris,”imbuh Rektor.

Sementara itu, salah satu dosen senior Fakultas Hukum Unpatti Ambon, Dr Hendrik Salmon, SH, MH dalam orasi ilmiah yang berjudul Membangun Politik Hukum Menuju Indonesia Maju.

Dalam salah satu bagian orasi ilmiah, Salmon mengatakan, dari aspek geopolitik dan geostrategis Indonesia Timur merupakan beranda NKRI. “Namun, demikian dalam realitas perumusan kebijakan negara (legal policy), kerangka politik Hukum belum khususnya dari berbagai regulasi dan kebijakan politik negara melalui grand desain (dokumen) pembangunan Hukum nasional tidak sepenuhnya menunjukan keberpihakan,”jelasnya.

Dia mencontohkan, isu-isu aktual khususnya di Maluku, yakni ketidakjelasan pembangunan Ambon New Port guna mendukung Lumbung Ikan Nasional (LIN), tersendatnya penerapan regulasi Provinsi Kepulauan, serta kebijakan penangkapan perikanan terukur melalui peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2023 yabg diundangkan pada 6 Maret 2023.

“Ini yang perlu mendapatkan perhatian serius utamanya terhadap Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP 714 dan WPP 715) yang akan dijadikan wilayah Spawing (pemijahan) dan nursery ground (tempat daerah asuhan) sangat berdampak terhadap nelayan kecil,”paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakuktas Hukum Unpatti Ambon, Dekan Fakultas Hukum, DR R. J Akyuwem, SH, MH mengatakan, sesuai tema Dies Natalis, yakni mempersiapkan diri meraih akreditasi Internasional. “Tentu menghadapi akreditasi internasional, butuh persiapan-persiapan, diantaranya ada kelas internasional. Setidaknya, ada mahasiswa dari luar, “kata Dekan, ketika diwawancarai awak media.

Selanjutnya, kata dia, Dies Natalis ini, pihaknya menerapkan kurikulum berbasis kompetensi dengan baik.”Memang beberapa tahun ini, belum maksimal. Makanya, tadi harapan pak Rektor itu kita lebih maksimal. Makanya laboratorium kita itu memang ada di masyarakat. Tentu kita memberikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat. Apalagi, sebagian masyarakat masih awam,”jelasnya.

Sedangkan, Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis Fakultas Hukum Unpatti Ambon, Dr Irma H Hanafi, SH, M.H dalam laporannya mengatakan, berbagai kegiatan telah digelar menjelang Dies Natalis, yakni pencanangan Dies Natalis, pengabdian kepada masyarakat di Desa Seith dan Soya, kuliah Umum oleh Mahkamah Konstitusi, seminar nasional, seminar Pattimura Law Fest, turnamen Futsal antar mahasiswa per angkatan, jalan santai melibatkan dosen dan mahasiswa, lomba penalti kick, tuang papeda, lomba dance Tamang pung kisah.

“Selanjutnya, puncak dies natalis Fakultas Hukum yang melibatkan civitas Akademika yang dalam bentuk Syukuran yang kita laksanakan hari ini,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *