Connect with us

Politik

Sudah Teruji & Pengalaman, Pengamat : Temy Oersipuny Layak, Jabat Bupati Aru

Published

on

AMBON,DM.COM,- Temy Oersipuny, diketahui telah mendaftar di sejumlah partai politik (parpol) untuk merebut kursi Bupati Kepulauan Aru, Periode 2024-2029, pada Pilkada serentak medio November 2024 mendatang.

Lantas, siapa sosok Temy Oersipuny. Dia adalah, seorang pengusaha yang bermitra dengan Pertamina. Pertama terjun didunia politik pada Pemilu legislatif 2009 lalu. Politisi Hanura ini merebut kursi anggota DPRD Provinsi Maluku dari dapil Aru, Malra, dan Kota Tual. Dia kemudian terpilih menjabat anggota DPRD Provinsi Maluku, Periode 2009-2014.

Ketika itu Temy Oersipuny masuk Komisi D (kini Komisi IV) yang membidangi kesehatan, pendidikan, sosial, kesra, pemuda dan olahraga dan bidang lainya. Tak hanya itu, Oersipuny kini menjabat Ketua Fraksi Hanura itu, kembali mencalonkan diri merebut kursi anggota DPRD Provinsi Maluku, Periode 2014-2019.

Temy Oersipuny, kembali terpilih dari dapil yang sama dengan suara signifikan dari Kabupaten Kepulauan Aru, melebihi suara pada Pemilu 2009 lalu. Dia kembali masuk Komisi D. Satu-satunya bakal calon Bupati Aru ini juga terpilih pada pemilu legislatif 2019 lalu dengan akumulasi suara yang terus meningkat tajam. Dia kini menjabat Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Maluku yang membidangi perikanan, pertanian, kehutanan, sumber daya alam, energi, dan, lingkingan hidup, pertambangan serta bidang lainya.

Salah satu pengamat politik, Semi Lekatompessy menilai, sepak terjang Oersipuny, selama ini dalam bidang politik, pemerintahan, dan pelayanan publik tidak diragukan lagi.”Memang Temy Oersipuny, sudah teruji, berpengalaman dan layak menjabat Bupati Aru Periode 2024-2029,”kata Lekatompessy, ketika dihubungi DINAMIKAMALUKU.COM, Sabtu (8/6/2024).

Apalagi, ingat dia, selama ini Oersipuny, duduk sebagai pimpinan dan anggota Komisi yang bermitra dengan Dinas dan OPD yang mengelola sumber daya alam yang potensinya sama di Aru.”Kita tahu di Aru itu sumber daya perikanan, Pertanian,,kehutanan dan sumber daya alamnya luar biasa. Begitu juga warga Aru banyak masih belum sejahtera. Kesehatan minim dan pendidikan yang belum memadai. Nah, kalau beliau terpilih pengalaman selama ini tentu dihalakan demi kemajuan dan kesejahteraan masyatakat Aru,”paparnya.

Dia juga mengamati, selama ini Oersipuny banyak berbuat ditengah masyarakat. Meski terpilih dari dapil Tual, dan Malra, tapi fokus perhatiannya di maayarakat Aru.”Memang Tual dan Malra juga diperhatikan, tapi lumbung suaranya memang lebih banyak dan dominan dari bumi Jargaria,”terangnya.

Menurut dia, suara Oersipuny yang terus meningkat dari pemilu ke pemilu menandakan ada harapan masyarakat Aru agar tidak hanya sebagai wakil rakyat, tapi juga menjadi kepala daerah.”Memang wakil rakyat itu tugas dan fungsinya hanya anggaran, legislasi dan pengawasan. Tapi Bupati itu punya banyak kewenangan termasuk eksekusi langsung kepentingan dan aspirasi masyarakat,”jelasnya.

Dia mengaku, peluang terpilih merebut kursi Bupati Aru, sangat terbuka. Tentu dibarengi dengan kerja tim dan parpol pengusung.”Saya peluangnya terpilih sangat terbuka. Tapi bitih kerja keras lagi,”pungkasnya.

Sekedar diketahui, Oersipuny telah mendaftar di Hanura, Gerindra, PPP, PDIP, Perindo, NasDem, dan PAN. Sementara bakal calon Wakil Bupati yang mendampinginya adalah, Haji Saleh.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *