Connect with us

Pemkab Malteng

Dampingi Gubernur di Atraksi Pukul Menyapu, Ini Harapan Pj Bupati Malteng

Published

on

AMBON,DM.COM,-Penjabat Bupati Maluku Tengah (Malteng), Rakib Sahubawa, mendampingi Gubernur Maluku, Murad Ismail, di atraksi Pukul Menyapu di Negeri Mamala, Kecamatan Leihitu, Rabu (17/4/2024).

Sekedar tahu, di Negeri Mamala dan Negeri Morella, sudah menjadi tradisi dalam menggelar Atraksi Pukul Manyapu. Kegiatan yang menggaet banyak warga itu, digelar setiap hari ke-7 setelah lebaran Idul Fitri tepatnya tanggal 7 syawal dalam kalender hijriah. 

Sesuai keterangan tertulis yang diterima DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (18/4/2024) mengatakan, sangat bangga dan senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat Mamala, saat Pukul Manyapu. 

“Untuk diketahui bahwa atraksi Pukul Sapu (Manyapu) merupakan salah satu warisan budaya yang sangat kaya dan unik dari masyarakat kita, yang telah menjadi bagian dari identitas serta kebanggaan kita bersama,” kata Pj Bupati Malteng.

Apalagi, ingat Pj Bupati Malteng, tradisi Pukul Manyapu memiliki makna yang sangat mendalam, yaitu sebagai bentuk ekspresi persaudaraan, keberanian, dan rasa hormat. “Atraksi Pukul Manyapu, merupakan momen penting untuk memperkuat kebersamaan dan keharmonisan di antara para pihak, warga Mamala, dan seluruh masyarakat Leihitu.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh adat dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam menyelenggarakan acara ini dengan baik,” imbuh Sahubawa. 

Upaya tersebut tidak hanya menjaga tradisi leluhur tetap hidup, tetapi juga memperkuat persatuan dan persaudaraan.

“Penghargaan dan apresiasi juga, saya sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku, terutama Bapak Gubernur Maluku, atas perhatian dan dukungannya terhadap berbagai kegiatan sejarah maupun budaya di Kabupaten Maluku Tengah,”pungkasnya. (DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *