Connect with us

Hukum

Jelang Idul Fitri, Polda Maluku Himbau Warga Tingkatkan Keamanan & Kewaspadaan

Published

on

AMBON,-Umat Muslim, Rabu (10/4/2024), merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah. Untuk itu, warga dihimbau meningkatkan keamanan dan kewaspadaan di menyambut momentum keagamaan itu.

Ini setelah Satgas Preemtif Subsatgas Binmas Operasi Ketupat Salawaku Polda Maluku menyampaikan himbauan kepada warga yang melaksanakan aktivitas di depan pusat perbelanjaan Ambon Plaza dan Pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon, Senin (8/4/2024).

Dalam himbauannya, warga diminta untuk selalu meningkatkan keamanan dan kewaspadaan di setiap menjalankan aktivitasnya.

“Tingkatkan keamanan dan kewaspadaan, pastikan rumah dalam keadaan terkunci, kompor dan listrik dalam keadaan padam pada saat ditinggalkan, serta tingkatkan kewaspadaan terhadap segala bentuk kejahatan dengan menitipkan kepada tetangga,” imbau Polda Maluku.  

Masyarakat juga diminta agar tidak menyalakan petasan atau kembang api. “Tidak membunyikan petasan/mercon/kembang api baik siang hari ataupun malam hari yang dapat mengganggu pelaksanaan bulan suci Ramadan menjelang hari raya Idul Fitri 1445 hijriyah.”
                                      
Warga khususnya para pemuda, kembali diingatkan untuk tidak melakukan balap liar. “Dilarang kebut-kebutan, balap dan berkendara menggunakan knalpot brong, tidak mengganggu kekhusyuan ibadah.”            

Masyarakat juga diajak untuk dapat menjadikan suasana lebaran di wilayah hukum Polda Maluku lebih aman dan nyaman, dengan tidak membunyikan suara musik yang berlebihan, tidak membakar petasan ataupun hal-hal lain yan dapat mengganggu ketertiban umum.

Para pemuda juga diingatkan untuk tidak melakukan tawuran. “Agar para orang tua / pihak keluarga mengawasi putra putrinya agar tidak terlibat tawuran dan kenakalan remaja lainnya.”                    

Saat melaksanakan mudik maupun balik lebaran, warga juga diharapkan dapat memperhatikan kondisi cuaca serta mengecek kondisi fisik alat transportasi yang digunakan untuk menghindari kecelakaan.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *