Connect with us

Hukum

Lagi, Korupsi Menggurita & Berjamaah di Poltek Ambon Terkuak, Jaksa Diminta Usut

Published

on

AMBON,DM.COM,-Praktek tindak pidana korupsi di Politeknik Negeri Ambon, terus terungkap dilembaga pendidikan itu. Ini menandakan kampus itu selama ini menjadi “sarang” pelaku tindak pidana korupsi.

Kali ini, dugaan tindak pidana korupsi lebih parah lagi, karena prakteknya sudah lama dan negara dirugikan puluhan miliar rupiah, sehingga Kejaksaan diminta untuk segera mengusutnya.

Modusnya, sewa peralatan Sipil kepada orang luar di lembaga pendidikan itu, tanpa distor ke kas negara, sehingga tidak masuk ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Bahkan, praktek rasuah ini sudah berlangsung lama yang diduga dilakoni pimpinan di kampus itu. “Ada praktek korupsi yang lebih parah lagi di Politeknik Negeri Ambon, terkait penyewaan peralatan sipil kepada orang luar Kempus, tanpa menyetor ke kas negara dan tidak masuk ke PNBP Politeknik Negeri Ambon ini sudah berlangsung lama dan terutama di jurusan mesin dan jurusan sipil,”kata sumber DINAMIKAMALUKU.COM di Poltek Negeri Ambon, Senin (2/10/2023).

Salah satu alat yang disebabkan, yakni alat ukur tanah dan Sonder. Dua alat itu, bahkan disewakan dari tahun 2009 lalu sampai sekarang.”Tentu negara di rugikan puluhan miliar rupiah. Begitu juga bengkel otomotif di jurusan mesin tidak pernah dicco dan perbaikan mobil di bengkel Politeknik, tetapi tidak menyetor uang ke PNBP,”bebernya.

Dia berharap, jaksa mesti membongkar praktek korupsi yang sangat mencengangkan.” Ini yang Jaksa mesti kejar. Ini temuan besar dan korupsi berjemaah yang sudah menggurita dari jaman kepala jurisan sipil Leonara Leuhery dan Kepala leboratorium sebelumnya,”pungkasnya.

Sekedar tahu, berbahgai dugaan tindak pidana korupsi kerap terjadi di kampus itu. Sejumlah pihak sementara mempertangungjawabkan perbuatannya di lembaga permasyatakatan, setelah divonis bersalah melakukan korupsi di kampus itu. Terakhir, Kejari Ambon, Tengah melakukan penyidikan DIPA 2022 senilai Rp 72 miliar yang diduga di korupsi pimpinan Poltek Ambon.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *