Connect with us

Hukum

SKK Migas Titip Rp 4,9 Milyar, PN Saumlaki Siap Verifikasi

Published

on

SAUMLAKI, DM.COM,-Negara melalui SKK Migas sudah titip uang Rp. 4,9 Milyar di rekening penampungan Pengadilan Negeri Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku beberapa bulan lalu.

Ketua PN Saumlaki, Tri Wahyudi, SH, MH kepada media ini di ruang terima tamu Kantor, Jumat (28/04/2023) mengatakan, kami siap verifikasi kelengkapan administrasi pihak yang berhak terima uang tersebut.

Syarat utama yaitu, dokumen terkait identitas penerima yang akan ambil uang konsinyasi itu. Verifikasi PN, kata dia, tentunya disesuaikan dengan pihak penerima yang telah ditetapkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Penerima harus bawa surat pengantar dari BPN. Entah itu dari Kantor Wilayah BPN Provinsi Maluku atau Saumlaki. Tergantung keabsahan kewenangan di tingkat yang mana.

Menurut Tri, soal pembayaran ganti rugi tanah di pulau Nustwal, desa Lermatang kecamatan Tanimbar Selatan, PN saat ini sudah pada tahap penitipan uang pembayaran ganti sejumlah Rp. 4,9 Milyar.

Dan telah ditetapkan oleh PN Saumlaki, perihal konsinyasi atau penitipan uang pembayaran ganti rugi.

Terkait perkara kepemilikan pulau Nustwal, dalam tingkat kasasi sudah diputus oleh Mahkamah Agung.

PN Saumlaki juga telah beritahukan kepada para pihak, perihal putusan kasasi. Proses pencairan dan pembayaran uang ganti rugi, syarat-syarat yang disampaikan ini harus dipenuhi pihak-pihak yang akan mengambil uang, jelasnya.

Negara yang diwakili SKK Migas, memerlukan tanah untuk pembangunan pelabuhan kilang gas abadi blok Masela. Ini berdasarkan SK Gubernur Maluku Nomor 96 tahun 2020 tentang Penetapan Lokasi, tegas Tri.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *