Connect with us

Politik

Diuji Sebagai Balon Bupati Malteng, Matt Marasabessy : Siap Kerja Cerdas, Cepat & Profesional

Published

on

AMBON,DM.COM,-Mantan Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Muhamat Marasabessy, mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan sebagai bakal calon (balon) Bupati Malteng periode 2024-2029 yang digelar DPD Partai Gerindra Provinsi Maluku, di Swisbellhotel Ambon, Selasa (4/6/2024).

“Terima kasih partai Gerindra sudah menerima dan melibatkan saya dalam fit and proper test. Partai Gerindra bagi saya ini bukan yang pertama dengan Gerindra, tapi selama satu tahun menjabat sebagai Pj Bupati Malteng, saya telah menjadi bagian dari keluarga besar Gerindra,”kata Marasabessy, saat menyampaikan paparan.

Mantan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku ini mengaku, Visi dan misinya tidak berlaku dari abstrak, namun bertolak dari pengalamannya maka mengasaskan visinya.

“Mewujudkan Pamahanusa Damai, Berkadilan, Berkemakmuran dan Sejahtera
Visi yang mewujudkan Pamahanunusa yang damai berkeadilan berkemakmuran dan sejahtera itu bagaimana cara mewujudkanya melalui penataan dan pendekatan pembangunan kemudian penataan pemerintahan dan penataan kemasyarakatan, saya sangat percaya dengan penataan 3 kompenen baik pembangunan kemasyarakatan dan pemerintahan saya berharap dalam waktu 5 tahun atau 10 tahun visi yang berkeadilan,”jelasnya.

Terkait pembenahan dan penataan sektor Pemerintahan, kata mantan Kadis PUPR Provinsi Maluku itu, yakni penguatan birokrasi, tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan prinsip good governance dan clean goverment.

“Berikut adalah tata pembinaan terhadap masalah-Pemerintahan di kabupaten, Kecamatan dan Desa, pelaksanaan pelayanan publik yang baik, menerapkan nilai ASN berakhlak yang merupakan akronim dari ASN yang berorientasi pelayanan, akuntabel, harmonis, loyal, adaptor dan kolaborasi, dan menyediakan program dan anggaran untuk sarana dan prasarana Infrastruktur, pendidikan, Kesehatan, penanganan kemiskinan ekstrim dan pengangguran serta pengawasan sesuai mandatory spending APBD,”paparnya.

Sementara pembenahan dan penataan sektor Pembangunan, jelas Ketua Umum DPP Ikatan Alumni Mahasiswa Unpatti (IKAPATI), adalah Percepatan pembangunan sarana dan prasarana Kesehatan yang berkualitas di seluruh wilayah (dokter, mobil ambulance, di pusat-pusat kecamatan), Percepatan pembangunan sarana dan prasarana Pendidikan yang berkualitas (Bea siswa dan bantu pendidikan keluarga miskin), Percepatan pembangunan sarana dan prasarana Infrastruktur (jaringan transportasi, listrik, air bersih, Jaringan telekomunikasi).

“Percepatan Pembangunan Serta memprioritaskan pembenahan kondisi sarana dan prasarana wilayah, penyelarasan dan akselerasi Pembangunan yang didukung tim percepatan dari berbagai pakar pertanian, pertambangan, mineral dan Gas, perikanan, pariwisata dan UMKM. Kebijakan kemudahan investasi daerah seperti Promosi dan kemudahan perizinan berusaha dan jaminan keamanan. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam, pelestarian lingkungan dan ekosistem yang berkelanjutan serta ketahanan bencana,”terangnya.

Sedangkan pembenahan dan penataan sektor kemasyarakatan, lanjut Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Maluku ini, yakni merawat dan memelihara ketenangan dan ketertiban masyarakat libatkan TNI POLRI dan seluruh tokoh, percepatan masalah konflik sosial masyarakat (kariu-Pelauw, Pelauw muka belakang, Aboru-Hulaiu, wakal-hitu, Sepa-Tamilow, Iha sparua) masalah tanah ditegaskan secara tuntas melalui penanganan hukum yang jelas, miras dan lain-lain.

“Menjaga Persatuan dan kesatuan serta kebinekaan (Suku, bahasa, agama, budaya), mengaktifkan forum kerukunan umat beragama (FKUB) dan mengaktifkan tim pengamanan konflik sosial penguatan pendanaan penguatan strategi program yang baik, menjalin hubungan kerja bersama Forkopimda dan seluruh instansi vertikal, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan,”bebernya.

Begitu juga Keterlibatan/keikutsertakan Masyarakat, lanjut Marasabessy akrab disapa Pak Matt, dalam proses Pembangunan dan merasakan hasil pembangunan secara merata sampai di desa.”Sebagai catatan penutup masukan dari penguji maupun dari partai Gerindra yang bersifat konstruktif dalam hal ini utk menyempurnakan Visi, Misi dan Program Prioritas saya bila kelak nanti diizinkan yang maha kuasa maka akan disempurnakan dan disinkronkan dalam dokumen perencanaan daerah,”jelasnya.

Dia juga memaparkan, program prioritas
Visi dan Misi adalah gagasan konseptual yang akan direalisasikan dalam program
prioritas.

” Berkenan dengan itu, maka program prioritas saya selaku calon Bupati Kabupaten Maluku Tengah adalah Satu Desa, satu pusat pelayanan kesehatan terpadu bantuan pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, pendidikan Gratis dan pemberiaan Beasiswa untuk keluarga tidak mampu,”sebutnya.

Tak hanya disitu, Desa digital menjadi konsern Pak Matt, Satu keluarga, satu hektar lahan pertanian, Bantuan modal usaha untuk Home Industri dan UKM, Investasi unggulan daerah, Pemberian insentif bagi Marbut dan Tuagama, menjadi perhatoanya jika terpilih merebut kursi Bupati Malteng.

” Pemekaran Kecamatan Seram Utara Pegunungan, Pembuatan BluePrin Peningkatan dan Pemanfaatan potensi Perikanan di kabupaten
Maluku Tengah, juga menjadi perhatian saya,”terangnya.

Pak Matt juga Mengoptimalkan BUMD berbasis kearifan Lokal guna meningkatkan potensi Ekonomi yang lebih baik, Mengoptimalkan pengelolaan Hasil SDA Kelapa dan Pala yang lebih baik, sehingga terjadi keadilan harga, kesetaraan pendapatan dan keberlanjutan potensi SDA di Kabupaten Maluku Tengah.

“Tentu sebagai calon Bupati dengan latar belakang bidang teknis dan sudah terbiasa terlibat langsung dalam eksekusi program kegiatan secara langsung dilapangan, maka motto saya
yakni; “Kerja Cerdas, Kerja Cepat dan Kerja Profesional,”pungkasnya.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *