Connect with us

Pemkot Ambon

Jelang HUT Kota Ambon, 14 Peserta Lomba Cipta Tari Kreasi Baru Tradisional

Published

on

AMBON, DM.COM,-Sebanyak 14 peserta mengikuti lomba cipta tari kreasi baru tradisional menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Ambon ke 448. Kegiatan itu, digelar Dinas Pariwisata Kota Ambon, di Baileo Oikumene, Kamis (31/8//2023).

Sekertaris Kota Ambon Agus Ririmasse mengatakan, pencanangan HUT Kota Ambon ke 448 Tahun 2023 yang dibingkai dalam tema “Ambon Par Samua.”

“Ini semua telah dimulai dengan pergelaran serangkaian kegiatan yang bernuansa kedaerahan dalam upaya memajukan kebudayaan daerah Kota Ambon serta mengembangkan potensi wisata budaya yang semuanya akan bermuara pada peningkatan dan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara serta peningkatan ekonomi masyarakat,”kata Sekkot.

Sekkot mengaku, setelah melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan agenda panitia HUT Kota Ambon, maka hari ini Kamis 31 Agustus 2023 akan digelar lomba tarian tradisional yang diikuti oleh komunitas budaya serta sanggar yang berdomisili di kelurahan desa dan Negeri di Kota Ambon.

” Hal ini sebagai bukti apresiasi warga kota atas ide dan gagasan Pemerintah Kota Ambon dengan panitia HUT ke-448,”ujarnya

Untuk itu, Sekkot mengaku, tarian adalah gerakan tubuh yang ritmis sebagai ungkapan ekspresi jiwa pencipta gerak, sehingga menghasilkan unsur keindahan dan makna yang mendalam tarian tradisional.

“Tarian rakyat adalah tarian yang tumbuh di kalangan rakyat menurut letak geografis seperti daerah pegunungan dan pesisir pantai di mana hal ini yang membedakan bentuk dan dinamika tariannya serta dilestarikan turun temurun,”jelasnya

Tak hanya disitu, Sekkot mengaku, kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat talenta seni tari tradisional dalam mengembangkan pelestarian melestarikan serta memajukan seni tari pada Kota Ambon.

“Memang tarian ini yang belum mendapatkan ruang apresiasi masyarakat, mendapatkan satu tarian tradisional pada Kelurahan Desa dan Negeri di Kota Ambon yang akhirnya dapat membawa mereka ke tingkat yang lebih tinggi dan menjadi inspirasi bagi masyarakat kota Ambon dalam menggeluti seni tari,”ungkapnya

Karenanya, dirinya berharap, selama lomba berlangsung sejak hari ini sampai selesai semua dapat memberikan gagasan kreatif untuk menyempurnakan dan mengembangkan konsep tari tradisional.

“Sehingga tarian tradisional kota dapat dikemas dengan baik untuk dipromosikan dan dijual sehingga hal ini dapat menggairahkan perekonomian masyarakat serta pengangkatan dan mengembangkan talenta lokal Kota Ambon ke ajang yang lebih tinggi,”pungkasnya (DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *