Connect with us

Politik

Kantongi Surat Tugas, Agil Rumakat Bakal Diusung PAN Rebut Bupati SBT

Published

on

BULA,DM.COM,-Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional atau PAN sampai hari ini belum mengeluarkan surat keputusan atau rekomendasi untuk bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada November nanti.

Meski demikian namun, sinyal siapa bakal calon yang akan diusung partai pimpinan Zulkifli Hasan itu sudah terlihat ada. Seperti surat tugas yang diberikan kepada para bakal calon gubernur, bupati maupun walikota di Indonesia.

Salah satu bakal calon bupati yang memperoleh rekomendasi surat tugas dimaksud adalah Agil Rumakat. Ia akan bertarung dalam pemilihan bupati dan wakil bupati di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Dari sejumlah nama yang mendaftar di partai tersebut, hanya Rumakat yang diberikan surat tugas. Ini menandakan wakil ketua DPRD SBT ini punya peluang memperoleh rekomendasi PAN.”Nah, kalau surat tugas sudah kantongi berarti tinggal menunggu waktu untuk rekomendasi PAN dikeluarkan untuk Rumakat,”kata sumber DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (23/5/2024).

Ketua DPD PAN Seram Bagian Timur, Halaludin Sagey mengatakan, sesuai informasi yang diterima dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) rekomendasi partai akan dikeluarkan pada Juli 2024 nanti.

Kata dia, DPP baru mengeluarkan rekomendasi berupa surat tugas kepada bakal calon yang mendaftar di PAN. Surat tugas didalamnya terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi bakal calon.

“Beberapa orang yang berproses di PAN bisa saja dapat rekomendasi surat tugas itu,”katanya via Seluler, belum lama ini.

Menurutnya, rekomendasi surat tugas berbeda dengan rekomendasi surat keputusan partai. Surat tugas tidak memiliki legalitas untuk dokumen persyaratan untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sementara rekomendasi surat keputusan atau model B1KWK didalamnya terdapat tanda tangan ketua umum dan sekretaris jenderal (Sekjen) yang dibubuhi diatas materai.

Namun sejauh ini dari seluruh bakal calon bupati yang mendaftar di tim penjaringan DPD PAN SBT, baru Agil Rumakat yang diberikan surat tugas dimaksud. Ia mengaku, DPP mempertimbangkan memberikan peluang yang sama bagi kandidat balon bupati lainnya.

“Bukan saja pak Agil tapi yang lain akan dapat surat tugas itu. Kita lihat kedepannya. Rekomendasi final akan diterbitkan bulan Juli nanti,”ungkap dia.

Rekomendasi atau surat keputusan partai akan dikeluarkan setelah poin-poin dalam surat tugas dimaksud dapat dipenuhi para bakal calon bupati yang telah mendaftar dan berproses di PAN. Ini bukanlah rekomendasi dukungan atau SK dari DPP PAN terkait calon yang diusung di Pilkada, akan tetapi lebih kepada surat perintah kepada para kader yang dianggap layak maju di Pilkada.

“Apabila bakal calon bupati yang mendapat mandat itu memenuhi persyaratan yang tertuang dalam surat tugas itu akan menjadi pertimbangan DPP untuk diterbitkan rekomendasi kepada salah satu para calon bupati itu,”ujarnya.

Terdapat lima poin yang dicantumkan dalam surat tugas yang dikeluarkan tim Pilkada DPP PAN seperti yang dikutip DINAMIKA MALUKU.COM.

Pertama, memerintahkan kepada bakal calon untuk mencari pasangan sebagai calon wakil bupati Seram Bagian Timur.

Kedua, mendapatkan koalisi partai politik lain untuk memenuhi persyaratan pencalonan di pilkada 2024.

Ketiga, melakukan komunikasi intensif dengan DPW, DPD, DPC dan DPRt PAN untuk menggerakkan mesin partai dan membuat program pemenangan pilkada 2024.

Keempat , melaksanakan kerja-kerja politik yang cerdas, cepat dan konsisten agar dapat memenangkan pilkada tahun 2024.

Kelima, sanggup menanggung/membayar biaya survey oleh lembaga survei yang ditunjuk oleh DPP PAN. (DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *