Connect with us

Hukum

Laut Maluku Masuk ALKI III, Kapolda : Personil Polairud Harus Paham Hukum Internasional

Published

on

AMBON,DM.COM, -Laut Maluku, sering dilintasi kapal mancanegara dan domestik, yang sering berdampak hukum. Karenanya ditetapkan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dengan regulasi yang ketat. Provinsi Maluku, masuk ALKI III

Karenanya, Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, berharap kepada seluruh personil Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) agar juga dapat memahami hukum Internasional.

Hal itu disampaikan Kapolda saat menghadiri syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud ke 72 yang digelar Ditpolairud Polda Maluku. Kegiatan digelar di atas dermaga Markas Polairud Polda Maluku, Lateri, Kota Ambon, Senin (5/12/2022).

Syukuran HUT Polairud turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda Maluku Kombes Pol Jannus Parlindungan Siregar, dan seluruh pejabat utama Polda Maluku serta pengrus Bhayangkari Daerah Maluku.

Kapolda Maluku, Lotharia Latif, meminta seluruh personel Polairud Polda Maluku agar amanah yang diberikan harus dilaksanakan dengan kesungguhan.

“Saya minta agar rekan-rekan yang ada di Polairud ini harus bangga dengan apa yang dimiliki dan saya berharap agar semua amanah dan tanggung jawab yang diberikan dapat dilaksanakan dengan kesungguhan dan rasa tanggung jawab,” pinta Kapolda.

Para perwira dan komandan yang ada di Polairud, juga diingatkan untuk dapat memahami dan melaksanakan amanah dari jabatan yang diberikan dengan baik.

“Saya minta buat para komandan dan perwira semua yang ada ini agar laksanakan semua tugas jabatan yang sudah diterima dan harus pahami setiap kendala yang dihadapi anggota atau bawahan kita di lapangan dengan melakukan maping sehingga kita bisa tepat dalam mengambil keputusan di lapangan,” jelasnya.

Personil Ditpolairud Polda Maluku juga diminta profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. Utamanya dalam penegakkan hukum.

“Jadi kita yang mengemban tugas penegakkan hukum ini harus profesional, jangan cuma kita paham dengan KUHP atau KUHAP saja tapi juga paham dengan hukum internasional,” pinta Kapolda.

Hukum internasional juga harus dipahami, kata Kapolda, karena Polairud Polda Maluku memiliki peran yang sangat penting. Dimana wilayah Maluku merupakan jalur perairan ALKI III.

“Wilayah kita Maluku ini masuk dalam wilayah ALKI tiga atau ekonomi biru (blue ekonomi). Olehnya itu dengan jiwa Korps yang kuat kita tingkatkan semangat tugas pengabdian kita dan hindari semua pelanggaran, apalagi sampai pidana. Terus berkarya untuk bangsa dan Polri,” pinta Kapolda mengingatkan.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *