Connect with us

Ekonomi

Pemkab Malteng Jejaki Kerjasama Distribusi Barang dari Jatim & Sulsel

Published

on

AMBON,DM.COM,-Untuk menekan laju Inflasi di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Pemerintah Kabupaten setempat menjejaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur (Jatim) dan Pemerintah Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal ini disampaikan, Penjabat Bupati Malteng, DR Rakib Sahubawa, dalam pidato penyampaian nota keuangan RAPBD Perubahan 2023 di DPRD Malteng, Jumat (6/10/2023).

“Untuk penanganan Inflasi, kita kerjasama perdagangan dan ketahanan pangan, dengan beberapa sentra industri di Sulawesi Selatan dan Jawa Timur, untuk pemenuhan kebutuhan pokok dan barang penting lainya,”kata Pj Bupati Malteng.

Apalagi, ingat Pj Bupati, penjajakan kerjasama itu dibarengi dengan subsidi transportasi, sehingga barang kebutuhan pokok di Malteng harganya sama dengan harga produksi di Jawa Timur dan Sulawesi Selatan.

” Ini sudah ada penjejakan kerjasama dari Kadis Perindag dan Kadis Ketahanan Pangan. Saya sudah tugaskan mereka dan sudah kembali,”terang Pj Bupati.

Untuk itu, lanjut Pj Bupati Malteng, dalam waktu dekat sudah dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).”Tinggal kita MoU antara Pemkab Malteng dengan Pemrintah Kabupaten Enrekang di Sulawesai Selatan dan Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur,”bebernya.

Tak hanya disitu, Pemkab Malteng juga mendorong produksi beras lokal kualitas premium di Seram Utara Seti dan Seram Utara Kobi.” Kebijakan sekaligus subsidi transportasi untuk distribusi, sehingga terjadi kesamaan harga beras pada, desa produksi dengan desa-desa di alternatif,”jelasnya.

Apalagi, tambah Pj Bupati, pihaknya sudah memberikan bantuan Rp 400 juta untuk dua perusahaan pengelolaan beras di Seram Utara Seti dan kobi. “Sesuai laporan, hari ini 80 ton siap di distribusi,”pungkasnya.(DM-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *