Connect with us

Ragam

Soal Eksplorasi Migas di Bati-SBT, Kella Dinilai Tendensius Tuduh Gubernur & Sekda

Published

on

AMBON,DM.COM,-Ketua Pemuda Seram Bersatu, Aldin Kiliangin menilai, selama ini Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Sekda Maluku, Sadali Ie, membela kepentingan masyarakat, terkait eksplorasi Minyak dan Gas (Migas) di Bati, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

“Tidak benar, Pak Gubenur dan Pak Sekda Maluku, berpihak kepada perusahaan tambang,”tegas Kiliangin, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, melalui keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023).

Penegasan, Kiliangin sekaligus menyikapi pernyataan salah satu komponen Pemuda SBT, Yani Kella, yang meminta Gubernur dan Sekda Maluku, mundur terkait eksplorasi Migas didaerah itu. “Menanggapi pernyataan saudara Yani Kella di salah satu media online, menuduh bapak Gubernur dan Sekda Maluku, dalam hal eksplorasi Migas oleh PT Balam Energy dan PT BGP Indonesia di Bati yang merupakan hak ulayat masyarakat setempat, sangat tendensius dan tidak mendasar, “kesalnya.

Apalagi, ingat dia, Kella justeru meminta Gubernur dan Sekda Maluku diganti tidak mendasar sama sekali.” Dia justru menekankan kepada bapak Gubernur dan Sekretaris Daerah Untuk di ganti dua hal yang berbeda. Saya menyesalkan jika mau membicarakan eksplorasi bertambangan di Bati, yang izinnya masih menjadi permasalahan antara masyarakat dan pihak perusahaan di maksud,”ingatnya.

Untuk itu, dia berharap, kepada selurih elemen masyatakat didaerah itu, duduk bersama membicarakan kehadiran perusahaan itu.”Mengapa harus menyatakan bahwa Gubernur dan Sekretaris Daerah harus di ganti dua hal yang tidak contemptible. Tidak punya sambungannya ini tendensius maksudnya apa? Jangan murahan gitulohh,”sindirnya.

Mesti yang harus dipikirkan, ingat dia, secara bersama itu adalah kedudukan tugas dan wewenang Gubernur dalam izin di maksud. Apalagi, dengan hadirnya Gubernur dan Sekda, ke SBT, dan masyarakat Bati khusnya sudah menyerahkan rekomendasi keberatan terhadap eksplorasi yang di lakukan di SBT.

“Maka, sesuatu yang harus kita dorong bersama. Itu artinya Gubernur dan Sekda, menjemput bola, sudah mengambarkan konferensi dan mereka sudah proses, memang sudara Kella tahu, berapa kali saudara berkordinasi dengan Dinas Energy dan Sumber Daya Mineral Provinsi Maluku? You punya data apa? Jadi jangan asbun dehh… saudara kalau mau bicarakan bagaimana eksplorasi, sumber daya di Bati, mari kita bicarakan sama-sama. Mari kita dorong sama-sama. Kita bersama dengan pak Gubernur dan Pak Sekda, Saya yakin, mereka berada di pihak kita, membela masyarakat,”jelasnya.

“Bukan saudara ujung-ujungnya intrupsi untuk Gubernur dan Sekda, berhianat. Saya kira salah kaprah. Sebagai anak negeri, mari kita diskusi hah-hal yang menarik, diskusi yang bisa membangun, bukan sekedar ujung-ujungnya duit. Saya kira itu yang paling penting untuk saudara Yani Kella pahami, “tegasnya.

Apalagi, ingat dia, sekarang ada Consorsium Seram. Mestidebgan kehadiran wadah iti sebaga8 tempat diskusi. ” Mereka bahas diskusi juga tentang ini Saudara di mana? Tidur?
Seharusnya kita bangga ada anak negeri yang punya jabatan strategis orang nomor satu di ASN Maluku (Sekda) dengan kapasitas dan jaringannya mampu membawa Gubernur Maluku untuk meninjau dan bersentuhan langsung dengan warga Bati,”terangnya.

“Saya kira demikian saya mengajak semua pihak, kita harus bantu masyarakat Bati, untuk mendapatkan kembali hak-haknya, dalam eksplorasi itu tanpa harus melukai, mencederai pemimpin kita. Mereka sudah cukup susah untuk membantu kita, saya kira demikian,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *