Connect with us

Politik

Ada Upaya HL “Bargaining” Incar Posisi Wagub, Pasangan dengan MI ?

Published

on

AMBON,DM.COM,-Anggota DPR RI, Hendrik Lewerissa, terpilih kembali merebut kursi dewan disenayan. Harapan warga Maluku, Lewerissa akrab disapa HL, memperjuangkan aspirasi masyarakat di pemerintah pusat.

Namun, HL kini sibuk maju mencalonkan diri merebut kursi Gubernur Maluku. Meski, dua kali gagal menggandeng Saadiyah Uluputty (anggota DPR RI terpilih) dan Said Assagaff (mantan Wakil Gubernur dan Gubernur Maluku) sebagai bakal calon Wakil Gubernur Maluku, ternyata disinyalir ada skenario politik HL “barganing” berpasangan dengan petahana Murad Ismail (MI).

“Patut diduga HL bargaining agar berpasangan dengan MI,”kata sumber DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (6/6/2024).

Sumber itu mencontohkan, pertemuan HL dengan Assagaff, ada kesepakatan agar Assagaff, sebagai bakal calon Gubernur Maluku dan HL balon Wakil Gubernur. Sebab, Assagaff mengaku, tidak bisa kembali mencalonkan sebagai Wakil Gubernur.”Kecuali kembali maju merebut kursi Gubernur.Nanti kalau mereka terpilih baru Pak Assagaff, mengundurkan diri sebagai Gubernur kira-kira 2 tahun pemerintahan. Namun, HL tetap bersikukuh posisi Gubernur. Akhirnya Assagaff mengiyakan saja,”terangnya.

Padahal, ingat dia, HL sudah mengetahui kalau Assagaff tidak mungkin mencalonkan diri merebut kursi Wakil Gibernur Maluku.”Tapi, tetap dipaksakan dan nama Assagaff diumumkan ke publik lewat awak media,”sebutnya.

Dia membeberkan, beberapa hari sebelum HL mengumumkan nama Assagaff, ketika fint and proper test bakal calon bupati dan walikota, di Swisbellhotel, Senin (3/6/2024), ada pertemuan 4 ketua umum parpol dengan Presiden Jokowi.”Para Ketum yang bertemu Pak Jokowi adalah Ketum Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat,”jelasnya.

Dalam pertemuan itu, mereka membicarakan bakal calon Gubernur di seluruh Indonesia. “Ketika itu Ketum PAN, Zulkifli Hasan mengaku, untuk Maluku sudah memutuskan mengusung MI yang telah berpasangan dengan Michael Wattimena. Dan saat itu semua tidak mempermasalahkan. Artinya, mereka setuju. Itu berarti HL yang mengklaim dapat restu Prabowo sebagai Ketua Umum Gerindra sekaligus Presiden terpilih, tidak mungkin,”bebernya.

Hingga berita ini dinaikan, HL belum sempat dikonfirmasi. Namun, salah satu orang dekat HL, membantah kalau HL merebut kursi Wakil Gubernur Maluku.”Tidak mungkin HL rebut kursi Wakil Gubernur Maluku, apalagi pasangan dengan MI. Pak HL tetap calon Gubernur. Kalau rebut Wakil Gubernur lebih baik HL tetap jadi anggota dewan,”kata seranya meminta namanya tidak diwartakan, DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (6/6/2024).

Dia mengaku, DPP Gerindra sementara mengkaji regulasi soal pencalonan Wakil Gubernur. “Pak HL juga sementara melirik sejumlah figur untuk posisi. Jadi HL tetap rebut kursi Gubernur Maluku,”tandasnya.

Terpisah, salah satu pengamat politik Herman Siamiloy berharap, HL kelasnya bukan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku. HL yang juga Ketua DPD Gerindra Maluku, mesti mengincar kursi Menteri, bukan Gubernur atau Wagub.

“Nah, kalau tenyata Pak HL incar kursi Wagub, patut dipertanyakan. Apalagi, selama ini terus disoroti,”kata Herman, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (6/6/2024).

Tak hanya itu, ingat dia, jika HL tak jadi Menteri, mestinya fokus memperjuangkan aspirasi masyarakat di pusat.”Memang itu hak HL maju mancalonkan merebut kursi Gubernur, bahkan posisi Wagub Maluku. Iti barapan masyarakat Maluku,”pungkasnya.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *