Connect with us

Politik

Daftar Balon Wagub di PPP Maluku, Sam Latuconsina : Ini Rumah Tua Saya !!

Published

on

AMBON,DM.COM,-Muhamad Armyn Syarif Latuconsina, akhirnya mendaftar sebagai bakal calon Wakil Gubernur Maluku di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Provinsi Maluku, Senin (20/5/2024). Mantan Wakil Walikota Ambon itu tak datang sendiri di markas partai berlambang Ka’bah itu di kawasan Premi, Kecamatan Nusaniwe.

Latuconsina yang juga mantan Komisaris Utama Bank Maluku itu, didampingi mantan Ketua DPW PPP Maluku dan mantan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, isteri dan anak, serta sejumlah orang dekat dan tim pemenangan.

Ketua tim penjaringan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang juga Sekretaris DPW PPP Maluku, Rovik Afifudin, mengatakan, kehadiran Sam akrab disapa bersama Hadler dalam kapasitas pengurus DPP PPP sebagai Majelis Pakar, di DPW PPP sebagai Dewan Pertimbangan, dan mantan Ketua DPW PPP Maluku,

“Terima kasih dan sudah percayakan proses politik di PPP. Kami bersyukur abang (Sam) bisa datang di rumah besar umat Islam. Hari ini abang Sam mengembalikan berkas balon Wagub, adalah yang kedua setelah balon Wagub Maluku,Saadiyah Uluputty,”kata Rovik.

Dia mengaku, saat ini lima balon Gubernur Maluku, sudah kembalikan berkas pendaftaran di PPP Maluku.” Ini diluar ekpektasi. Tiga Pikada PPP tidak kalah. Selalu menang. Rekomendasi diberikan kami bekerja maksimal untuk calon dan partai,”tegasnya.

Apalagi, ingat dia, sebagai partai politik, pihaknya punya mekanisme yang diatur Peraturan Organisasi Nomor 13 tentang Pilkada. “Ketika figur balon Kepala Daerah memiliki sejarah di PPP menjadi alasan pertimbanhan khusus dalam mengambil keputusan. Kita berharap dalam waktu dekat rekomendasi sudah keluar, sehingga proses penjaringan kami segera rampungkan hari ini,”jelasnya.

Untuk itu, dia berharap, tahapan di partai yang dipimpimya berjalan dengan baik, sehingga figur yang diusung sesuai keinginan rakyat.”Abang Sam figur tidak asing bagi warga kota dan masyarakat Maluku pada umumnya. Apalagi, Didampingi Pak Syarif sebagai kader PPP. Beliau punya kontribusi besar bagi PPP,”bebernya.

Sementara itu, berlinang air mata, Sam mengatakan, PPP adalah rumah tuanya maju mencalonkan diri merebut kursi Wagub Maluku Periode 2024-2029.”Ini rumah tua saya maju sebagai wakil Gubernur Maluku Periode 2024. Hari ini saya datang ke kantor ini kali ketiga. Pertama sebagai Wawali. Kedua abangda Syarif Hadlef, sebagai Wawali. Dan hari ini, saya datang bersama abanda saya Syarif Hadler mencalonkan diri sebagai Wagub,”kata Sam.

Selain itu, kata dia, kehadiran dirinya juga didampingi Ketua DPC PPP Kota Ambon dan sekretaris DPC PPP Kota Ambon.”Ada juga isteri dan anak saya serta simpatisan saya. Tentu momentum Pilkada, proteksi terhadap pemerintahan di Maluku. Semua punya hak bagian terpenting dalam perbaikan negeri. Saya hadir bukan mencari jabatan, tapi keterpanggilan Maluku yang biasa-biasa saja,”ingatnya.

Untuk itu, dia mengigatkan, dengan kemampuan jaringan dan kapasitas, menjadi modal buatnya bertarung sebagai Wagub.” Saya mau sampaikan hanya daftar di PPP. Kondisi politik Maluku dari 5 tahun ke 5 tahun konfigurasi politik sama. Biasanya Gubernur bergama Muslim, Wagub beragama Kristen. Kalau Gubernur Kristen, Wakil Muslim. Saya hanya pantas balon Wakil Gubernur. Insya Allah saya harap PPP menjadi bagian perjuangan kita sama-sama. Kita bertangungjawab terhadap negeri ini. Siapapun calon Gubernur yang diusung pPPP saya siap dampingi. Siapapun dia,”tandasnya.

Karenanya, dia berharap kader partai itu ditingkat provinsi hingga desa keluarahan bersamanya berjuang memenangkan Pilgub.”Ini momentim sejarah bari bagi kita semua. Dengan kerendahan hati teman DPW dan DPC PPP, mari bersama-sama berjuang. Terpenting mendukung saya agat direkomendasikan PPP sebagai Wagub,”harapnya.

“Saya ini dua kali jadi ketua tim relawan Gubernur. Dua duanya jadi. Terakhir saya hijrah di Jakarta bangun jaringan baru. Pertanyaan banyak permintaan maju sebagai balon Bupati Maluku Tengah. Saya pernah berkarier disana. Bukan berubah. Kita bagi tugas. Sudah ada yang urus Malteng. Saya pikir punya kemampuan saya ingin membantu urus provinsi yang biasa saja. Saya birokrat 20 tahun, pernah jabat Wawali, dan komisaris utama Bank Maluku, dan Ketua kadin Maluku. Saya punya akses pengusaha kaya di Jakarta. Mereka siap berinvestasi di Maluku. Ini fakta. Level saya baik di provinsi. Kita bantu jaringan dengan kemampuan. Gubernur kedepan harus iklas dan jujur, tidak bohong,”tandasnya.

Ketika ditanya, bakal mendampingi Jefri Rahawarin, Barnabas Orno, dan Febri Tetelepta.”Saya tegaskan, saya siap dampingi calon yang direkomendasikan PPP,”tegasnya.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *