Connect with us

Politik

Ini Inovasi & Terobosan Matt Marasabessy Bangun Malteng Jika Terpilih Rebut Kursi Bupati

Published

on

AMBON,DM.COM,-Mantan Penjabat Bupati Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) DR Muhamat Marasabessy, SP, ST, M. Tech, banyak melakukan berbagai inovasi dan terobosan ketika memimpin kabupaten tertua itu 2022 lalu. Namun, sebagian sudah dinikmati warga setempat, namun ada yang belum digalakan.

Lantas, apa saja inovasi dan terobosan mantan Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku dan mantan Kadis PUPR Provinsi Maluku itu, jika terpilih merebut kursi Bupati Malteng Periode 2024-2029.

Sejumlah terobosan dan inovasi Marasabessy akrab disapa Pak Matt, sebagaimana diterima DINAMIKAMALUKU.COM, Kamis (6/6/2024) diketahui ketika menyampaikan paparan ketika fit and proper test yang dilakukan sejumlah parpol, yakni pemanfaatan lahan tidur.”Lahan tidur di Malteng ribuan hektar. Bisa dimanfaatkan tanam cabe, tomat dan sayur-sayuran,”kata Pak Matt.

Tujuanya, kata mantan pejabat di Kementerian PUPR itu, agar membantu warga memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan harga murah dan menekan laju Inflasi yang sering tidak terkendali didaerah itu.

Untuk mendukung program tersebut, putra dan putri di Malteng didorong sekolah kejuruan khusus pertanian.”Ini agar lahan tidur dimanfaatkan bukan lagi dengan tradisional, tapi berbasis teknologi Apalagi, potensi pertanian, perkebunan, dan sumber daya alam lainha sangat luar biasa,”terangnya.

Pak Matt juga melakukan terobosan dengan 1 kecamatan, 1 kepala dinas dengan dukungan regulasi melakukan pebguatan perencanaan secara integrasi bersama satuan kerja perangkat daerah ditingkat provinsi dan kabupaten.

Kerjasama dengan perguruan tinggi (reach and developmen) juga sangat penting. Menurut, Ketua Umum DPP Ikatan Alumni Mahasiswa Unpatti (IKAPATI) itu, banyak sumber daya alam yang belim dikelola dengan baik karena minimnya sumber daya manusia.

“Kita kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi agar mengelolah sumber daya alam dengan baik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD),”paparnya.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Orwil Maluku ini mencontohkan, salah satunya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendampingan, pembinaan, peningkatan dan pembangunan (branding product) Ikan Cakalag Banda.

Mantan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Maluku itu juga melakukan inovasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam peningkatan pariwisata.”Kita ketahui bersama bahwa, Malteng memiliki potensi wisata yang luar biasa. Namun, selain belum didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, UMKM dibidang pariwisata juga harus diperhatikan dengan suntikan modal dan memberikan akses pembiayaan di perbankan serta pendampingan souvenir khas Maluku dan Malteng, sehingga ikut menggaet wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung di Malteng,”paparnya.

Begitu juga pengembangan pariwisata denvan paket wisata tour, mesti intensif dilakukan promosi dan sosialisasi potensi wisata, agar dikenal di domestik dan mancanegara agar menggaeat wisatawan.

Kerjasama dengan Provinsi Jawa Timur dan Kota Makasar, Provinsi Sulawessi Selatan dengan menggandeng UMKM penyertaan agar harga barang ditekan seperti di Kota Surabaya dan Makasar.”Tentu Pemkab membantu mensubsidi atau intervensi biaya transportasi, agar harga barang tidak lagi mahal di Malteng,”jelasnya.

Kendati begitu, lanit Pat Matt yang berhasil memulabglan warga Kariu dari lokasi pengungsian dan berhasil meredam dan mendamaikan sejumlah desa tetangga yang sering bentrok, jaminan keamanan sangat penting agar pembangunan berjalan lancar serta menarik investasi dan kemudahan berusaha di Malteng,”paparnya.

Selain fokus juga di dunia pendidikan, Pak Matt juga konsern didunia kesehatan. Diakui, selama ini masyarakat susah berobat di Kota Ambon dan Kota Masohi.”Ketika saja Pj Bupati Malteng sudah mengusulkan pembangunan rumah sakit pratama di Tehoru, Seram Utara, Lease, dan Leihitu. Ini agar memudahkan warga berobat,”pungkasnya.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *