Connect with us

Politik

Jika MI Gandeng BMW, Pegiat Demokrasi : “Kantong” Suara JAR, HL & FCT Pasti Berkurang

Published

on

AMBON,DM.COM,-Bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Periode 2024-2029, mulai mengemuka. Setelah Febri Calvin Tetelepta (FCT) resmi meminang Abdullah Vanath (AV) berpasangan merebut kursi orang pertama dan kedua didaerah ini.

Sementara sejumlah figur bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, lainya terus bermunculan. Mereka adalah, Murad Ismail (Gubernur Maluku), Hendrik Lewerissa (anggota DPR RI) dan Jefri Rahawarin (mantan Pangdam XVI/ Pattimura), Hamzah Sangadji (Korwil DPP Golkar untuk Maluku dan Malut) Tuasikal Abua (mantan Bupati Maluku Tengah) dan sejumlah figur lainya.

Sedangkan balon Wakil Gubernur Maluku, yang dijagokan dan diwacanakan layak adalah, Michael Wattimena (mantan anggota DPR RI/Ketua DPP Demokrat), Sony Waplau (mantan anggota DPR RI), Rovik Afifudin (anggota DPRD Provinsi Maluku), serta sejumlah figur lainya.

Dari sejumlah figur itu, nama Murad Ismail (MI) sering dijagokan dan diwacanakan sangat lebih ideal dan cocok berpasangan dengan Wattimena yang akrab disapa BMW (Bung Michael Wattimena) merebut kursi Gubernur dan Wakil Maluku.

Selain, BMW sudah teruji di pemilu legislatif 2024 dengan perolehan suara signifikan di dapil Maluku, “tiket” 4 kursi Partai Demokrat hasil pemilu legislatif. Tak hanya disitu, jika BMW resmi dipinang MI, langkah JAR, HL dan FCT ingin merebut kursi Gubernur, setidaknya mengalami kesulitan dalam raih suara.

Sesuai informasi yang diperoleh DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (8/4/2024), BMW keluarga dekat dengan JAR. JAR adalah sepupu BMW. Ibu JAR marga Wattimena dari Itawaka, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, desa asal BMW.

Begitu juga dengan HL, BMW juga memiliki hubungan keluarga dari dengan HL. Mereka (BMW-HL) juga sama-sama dari Itawaka. Sementara FCT dengan BMW, adalah sesama aktivis organisasi mahasiswa dan kepemudaan yang beraviliasi ke keyakinan tertentu. FCT juga satu kecamatan dengan BMW di Saparua.

Salah satu aktivis Demokrasi, Semuel Putnarubun mengaku, posisi BMW saat ini, setidaknya sangat diperhitungkan bagi para balon Gubernur Maluku.”Kami dengar MI lagi lirik BMW. Saya kira kalau mereka resmi berpasangan peluang mereka terpilih sangat terbuka,”kata Putnarubun, kepada DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (8/4/2024).

Apalagi, ingat dia, kehadiran BMW sebagai balon Wakil Gubernur Maluku, memiliki nilai bergaining karena punya partai politik peraih kursi dan basis pemilih yang tidak diragukan lagi. “Ini kelebihan BMW ketimbang balon Wakil Gubernur lainya. Itu modal sosial dan modal politik BMW,,”terangnya.

Selain punya nilai bergaining, lanjut dia, dilihat dari hubungan keluarga, wilayah, dan organisasi, BMW memiliki hubungan keluarga dan hubungan organisasi dengan balon Gubernur Maluku, seperti JAR, HL, dan FCT.”Tentu kantong suara JAR, HL, FCT berpengaruh. Sudah pasti ada suara mereka migrasi atau lari ke MI-BMW jika mereka resmi berpasangan,”pungkasnya.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *