Connect with us

Hukum

Lantik 89 Siswa Bintara Polri, Kapolda Maluku : Jadi Panutan & Teladan

Published

on

AMBON,DM.COM, – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol Drs. Lotharia Latif SH., M.Hum melantik sebanyak 89 siswa Bintara Polri gelombang pertama tahun anggaran 2024 yang berlangsung di lapangan Letkol Pol (Purn) Chr. Tahapary, Kota Ambon, Kamis (11/7/2024).

Pelantikan yang ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji oleh siswa Bintara Polri ini dirangkai dalam kegiatan penutupan pendidikan pembentukan Bintara Polri 2024.

Kapolda Maluku dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Lemdiklat Polri. Ia menyampaikan 89 siswa Bintara Polri yang dilantik telah resmi melekat pangkat Brigadir Polisi Dua. Dengan demikian, pada diri para Bintara telah melekat berbagai tugas, kewajiban dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara.

Kapolda berharap Bintara remaja yang baru dilantik dapat memberikan dedikasi terbaik kepada institusi Polri, masyarakat, bangsa dan negara. Keberhasilan ini merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang harus senantiasa disyukuri, serta jawaban dari doa tulus para orang tua dan keluarga.

Tema pendidikan Polri saat ini adalah ‚ÄúPendidikan dan pelatihan yang melayani untuk Polri Presisi”. Tema ini dimaksudkan untuk menciptakan sumber daya manusia Polri dari awal mulai pendidikan pembentukan dan pelatihan standar kompetensi lulusan dan penjabaran kurikulumnya mempunyai muatan untuk mampu memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tekad dan niat sebagaimana terkandung dalam tema tidak akan terwujud jika setelah berdinas abai dan melupakan apa sejatinya yang menjadikan tugas dan fungsi sebagai Bhayangkara, yaitu memelihara kamtibmas, memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta menegakkan hukum untuk menciptakan rasa aman dan keadilan di masyarakat.

“Harus kita sadari bersama, bahwa waktu 5 bulan adalah waktu yang singkat untuk itu teruslah belajar serta beradaptasi dengan perkembangan situasi dan tantangan tugas yang akan saudara hadapi,” pintanya.

Kapolda berharap para Bintara dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan, terus kembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mendukung pelaksanaan tugas. Jangan pernah berhenti untuk belajar, berlatih, mengembangkan ilmu, dengan terus memperbanyak referensi dan literasi.

“Dekatkan diri dengan masyarakat, dengan menjalankan tugas melalui pelayanan empati dan tidak menyakiti hati masyarakat, tanpa harus melupakan nilai-nilai disiplin, loyalitas, dan integritas,” ujarnya.

Kepada para Bintara Remaja Polri yang baru dilantik, Kalemdiklat menyampaikan beberapa pesan untuk dipedomani dan dilaksanakan saat melaksanakan tugas. Di antaranya Jaga dan tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan moral dan spiritual dalam pelaksanaan tugas yang saudara emban. Jadikan pelaksanaan tugas saudara selaku anggota polri sebagai sarana ibadah kepada tuhan yang maha esa;

Pegang teguh serta amalkan nilai-nilai luhur tribrata dan catur prasetya sebagai pedoman dalam setiap langkah pengabdian insan bhayangkara sejati laksanakan setiap tugas yang diemban dengan penuh semangat, tanggung jawab dan keikhlasan;

Senantiasa menjaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Hindari segala pelanggaran disiplin, pelanggaran kode etik profesi polri, maupun pelanggaran pidana:

Jadilah panutan dan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, dekati dan berikan pelayanan terbaik serta pemberi solusi dari permasalahan yang berkembang, mencegah berbagai potensi gangguan kamtibmas, agar semakin memperkuat citra positif polri di mata masyarakat;

Jalin persaudaraan dengan rekan-rekan TNI dan seluruh komponen bangsa, serta bangun komunikasi positif dengan seluruh elemen masyarakat guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif;

“Jadilah polisi pembelajar dengan terus mengembangkan diri melalui peningkatkan pengetahuan dan ketrampilan untuk menghadapi tantangan tugas yang terus berubah,” pungkasnya.

Usai memimpin upacara penutupan, Kapolda selanjutnya menyerahkan piagam penghargaan kepada siswa terbaik Bintara Polri 2024. Mereka yaitu lulusan aspek jasmani terbaik peraih predikat Trengginas, Dominggus Sainfalak; lulusan aspek akademi terbaik peraih predikat Cendikia, George Wuarbanaran S.Ap; dan lulusan aspek mental kepribadian terbaik predikat Tertabah, Julyand Aryo Waremra.(DM-04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *