Connect with us

Politik

Pengamat Politik Nilai MI-BMW Pasangan Ideal Pimpin Maluku

Published

on

AMBON,DM.COM,-Tahapan Pilkada serentak, medio November 2024 mendatang segera dimulai. Partai politik maupun figur-figur yang diwacanakan bakal bertarung di “pesta” demokrasi lokal lima tahunan, mulai mengemuka di publik Maluku.

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, misalnya sejumlah figur mulai dikaitkan untuk merebut kursi orang pertama di Maluku dan kursi orang nomor dua Maluku. Salah satunya, Murad Ismail dan Michael Wattimena. Dua figur ini mulai ramai dibahas, setelah informasi yang beredar mereka sangat cocok berpasangan merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Periode 2024-2029.

Murad yang akrab disapa MI, saat ini menjabat Gubernur Maluku, tidak lagi menggandeng Barnabas Orno, yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Maluku.”MI (sapaan akrab Murad) sudah pasti tidak lagi menggandeng BO ( sapaan akrab Barnabas),”kata sumber DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (25/3/2024).

Buktinya, Orno yang bakal merebur kursi Gubernur Maluku, mulai sibuk mencari parpol figur yang mendampinginya.”Pak BO sementara komunikasi dengan sejumlah parpol. Tentu figur yang mendampinginya dari kader parpol pengusung,”sebutnya tidak menyebut parpol dan figur yang akan digandeng BO.

Lantas, siapa figur yang bakal dilirik MI untuk berpasangan. Dia mengaku, ada sejumlah figur yang diminati MI. Salah satunya, Michael Wattimena. Wattimena akrab disapa BMW (Bung Michael Wattimena), adalah Ketua DPP Partai Demokrat.”BMW pada pemilu legislatif 2024, meraih suara signifikan, yakni 50 ribu lebih. Namun, teman caleg DPR RI tidak maksimal, Demokrat tidak meraih kursi di dapil Maluku,”terangnya.

Dia mengaku, perolehan suara BMW hampir merata di 11 kabupaten dan kota. Namun, suara mantan anggota DPR RI dari dapil Papua Barat itu terbanyak di Kota Ambon dan Maluku Tengah. “Itu berarti BMW sudah teruji. Nah, kalau teman caleg di Demokrat maksimal, BMW merebut salah satu kursi dari jatah 4 kursi di dapil Maluku,”terangnya.

Terpisah, salah satu pengamat politik, Herman Siamiloy menilai, sepak terjang BMW didunia politik tidak diragukan lagi. “BMW itu selain sudah teruji, jatah 4 kursi Partai Demokrat hasil pemilu legislatif 2024, bisa menjadi nilai bergaining untuk merebut kursi Wakil Gubernur Maluku,”kata Similoy, ketika dihubungi DINAMIKAMALUKU.COM, Senin (25/3/2024).

Dia mengaku, jika MI-BMW berpasangan, tinggal mencari sejumlah parpol pengusung. Apalagi, PAN yang memiliki 3 kursi sangat “mesra” dengan MI, setelah isterinya terpilih merebut kursi DPR RI dari partai besutan Zulkifli Hasan itu. “Nah, tinggal cari satu partai yang memiliki 2 kursi atau lebih untuk mengusung MI-BMW, sebagai bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku,”jelasnya.

Apalagi, mantan pejabat di koordinator perguruan tinggi suasta (kopertis) Maluku dan Papua itu mengaku, jika MI-BMW berpasangan sangat berpeluang terpilih dan jika terpilih, sama-sama nemiliki pengalaman dan akses di pemerintah pusat untuk memajukan daerah ini lebih baik kedepan.”Jadi MI-BMW pasangan ideal dan cocok bangun Maluku, lima tahun kedepan,”pungkasnya.(DM-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *